Inilah : Manfaat Buah Langsat bagi Kesehatan dan Kandungan Gizinya

Manfaat Buah Langsat

Buah langsat ialah jenis buah yang masuk dalam suku Meliaceae. Buahnya persis sama dengan duku dan daging buahnya juga sama hanya saja langsat dan duku ada perbedaan tersendiri. Buah langsat biasanya tidak tahan usang beda dengan duku, begitu juga rasa duku lebih manis dibandingkan dengan langsat.

Buah langsat atau juga mempunyai nama lain langsep ialah homogen buah yang termasuk suku Meliaceae. Langsat (L. domesticum var. domesticum) memiliki pohon yang kurus, bercabang tegak dan daunnya berwarna hijau tua. Buahnya berada pada sebuah tandan panjang yang berisi sekitar 20 butir buah. Kulitnya tipis dan mempunyai getah putih. Rasanya asam manis.

Perbedaan Duku dan Langsat

Jika dilihat, langsat sangat ibarat dengan duku. Namun ada beberapa perbedaan tertentu. Ciri-cirinya kami tulis dalam tabel berikut :

Buah Langsat

Buah Duku

Bentuknya agak oval

Bentuknya lebih bulat

Kulit buah tipis

Kulit buahnya tebal

Memiliki getah putih

Jika sudah matang tidak bergetah

Bijinya tidak mengecewakan besar dibanding duku
Bijinya kecil

Daging buah berair

Daging buahnya tebal dan tidak terlalu berair

Rasanya asam manis

Rasanya manis

Tidak tahan usang sehabis dipetik, hanya bertahan sekitar 3 hari


Bisa bertahan lebih usang sehabis dipetik


Kandungan Gizi Buah Langsat


Buah yang ibarat dengan duku ini ternyata mempunyai banyak kandungan yang baik bagi kesehatan. Bahkan kandungan zat besi, kalori, dan mineral dari buah langsat ini setingkat lebih tinggi jikalau dibandingkan dengan jeruk dan apel.

Untuk setiap 100 gr mempunyai kandungan sebagai berikut :
  • Kalori sebanyak 70 kal
  • Jumlah karbohidrat 13 gr
  • Mineral hingga 0,7 gr
  • Protein sejumlah 1 gr
  • Lemak total 0,2 gr
  • Kalsium sebanyak 18 mg
  • Fosfor sampai 9 mg
  • Kandungan Zat besi sebanyak 0,9 mg

Buah langsat ialah jenis buah yang masuk dalam suku Meliaceae Inilah :  Manfaat Buah Langsat bagi Kesehatan dan Kandungan Gizinya
Gambar : Buah Langsat

Manfaat Buah Langsat untuk Kesehatan

Setelah kita membahas mengenai penjelasan atau ciri-ciri, perbedaannya dengan duku serta kandungan nutrisinya. Sekarang saatnya untuk mengetahui untuk beberapa khasiatnya bagi kesehatan tubuh. Berikut ini ialah penjelasan selengkapnya :

  • Memperlancar Pencernaan

Kandungan serat atau dietary fiber yang terkandung didalamnya akan membantu badan dalam proses pencernaan. Masalah ibarat BAB yang tidak teratur juga sanggup dibantu teratasi.

  • Obat demam dan cacingan

Biji langsat mempunyai rasa pahit, dan ini sanggup dijadikan sebagai obat alami untuk cacingan dan demam.

  • Mencegah penyakit kanker kolon

Kulit buah langsat ialah salah satu materi alami yang sanggup dipakai untuk mencegah kanker kolon. Selain itu juga membantu mengatasi radikal bebas dalam tubuh.

Buah langsat ialah jenis buah yang masuk dalam suku Meliaceae Inilah :  Manfaat Buah Langsat bagi Kesehatan dan Kandungan Gizinya
Gambar : Buah Langsat 

  • Menyehatkan kulit

Ekstrak buah langsat ialah salah satu zat yang sanggup menghambat enzim tirosinase. Hal ini akan membantu menjaga kesehatan kulit dan mencegah kerusakan kulit.

  •  Obat Nyamuk Alami

Pakar IPB, telah melaksanakan sebuah uji coba bahwa ternyata kulit langsat sanggup dipakai sebagai obat nyamuk alami. Kita tahu bahwa kini ini banyak obat anti nyamuk yang justru tidak elok bagi kesehatan manusia. Sampai-sampai sanggup mengakibatkan penyakit ibarat abses pada terusan pernapasan. Pada kulit langsat mempunyai sifat yang lembap walaupun rasanya asam manis. Untuk rendaman sebanyak 100 gr kulit langsat ke dalam 50 ml aquadest, pH sekitar 8-9.

  • Mengobati sengatan serangga

Selain buahnya, kulit kayu langsat ternyata sanggup dimanfaatkan sebagai obat jawaban dari sengatan serangga, yaitu ibarat penyakit malaria, disentri, dan mengatasi sengatan kalajengking.



Semoga dengan adanya warta ini sanggup bermanfaat bagi Anda mengenai buah langsat. Ternyata walaupun ukurannya kecil, rasanya asam manis, dan terkadang jikalau kita makan malah tidak sengaja memakan biji buahnya yang begitu pahit. Dibalik semua itu langsat tetap menjadi buah yang mempunyai khasiat. Sebagai penulis, kurang lebihnya kami mohon maaf apabila ada kesalahan pada goresan pena kami dan terima kasih alasannya ialah Anda sudah membaca artikel kami perihal manfaat buah langsat.

Sumber http://www.kesehatanpedia.com/

Comments

Popular posts from this blog

Inilah : Khasiat Akar Ilalang : Manfaat untuk Kesehatan dan Ginjal

Inilah : Khasiat Daun Handeuleum bagi Kesehatan

Cara menyembuhkan mata minus dalam 1 minggu untuk warga Tasikmalaya