Inilah : Manfaat Daun Binahong untuk Jantung Sehat

Manfaat daun binahong untuk jantung tentunya sudah tak diragukan lagi mengingat tumbuhan ini mengandung zat alami dan berguna baik bagi kesehatan tubuh kita. Tanaman ini mungkin masih abnormal ditelinga beberapa orang. Daun binahong bukanlah tumbuhan obat yang orisinil tumbuh di Indonesia. Banyak orang yang menyebut tumbuhan ini berasal dari Korea, namun tumbuhan tropis ini sanggup kita jumpai tumbuh subur di daerah Asia dan Afrika. Daunnya dikenal sanggup dijadikan sebagai obat pencegahan atau penyembuhan penyakit ibarat kencing manis, tekanan darah rendah, sesak nafas, dan lain sebagainya.

Manfaat daun binahong untuk jantung tentunya sudah tak diragukan lagi mengingat tumbuhan in Inilah :  Manfaat Daun Binahong untuk Jantung Sehat
Image Source: pixabay.com
Binahong termasuk dalam familia Basellaceae, dengan nama latin Anredera cordifolia di Inggris juga disebut Basellaceae rubra Linn atau dikenal dengan sebutan Basella alba. Tumbuhannya termasuk jenis flora liar yang merambat atau memanjat, sampai mencapai 6 cm panjangnya. Bentuk daunnya ibarat daun sirih, ujung dan pangkal tumpul, panjang 17 cm dan lebar 1-13 cm. tumbuhan ini biasanya tumbuh liar, kadang juga dijadikan pagar atau tumbuhan hias. Binahong sanggup ditemukan di ketinggian 1-500 m diatas permukaan laut.

Kandungan Daun Binahong

Dalam daun binahong mengandung sifat kimia serta pengaruh farmakologis sebagai berikut :
  • Karoten
  • Asam organic
  • glucan C
  • D  galaktosa
  • L – arabinosa
  • L – rhamnose
  • Asam aldonat.

Selain itu terdapat kandungan senyawa phytochemical fenolik dan sifat antioksidan yang bisa mencegah dan membantu penyembuhan penyakit. Ditambah lagi binahong mengandung saponin dan vitamin A, vitamin B serta vitamin C.

Apa khasiat daun binahong bagi jantung ?


Kolesterol atau lemak jahat merupakan ancaman yang membahayakan jantung dalam aktivitasnya. Dengan mengkonsumsi daun binahong yang diseduh yang ibarat dengan teh celup terbukti bisa untuk menurunkan resiko kolesterol tinggi dengan mengkonsumsinya 2 kali sehari pada pagi dan sore hari. Setelah 2 pekan, akan Anda rasakan perbedaan yang cukup signifikan. 

Dalam memanfaatkan daun binahong juga dihentikan sembarangan. Yang dimaksud disini sembarangan yakni jangan mempercayakan daun ini sepenuhnya sebagai obat. Jadikanlah daun binahong ini sebagai obat dalam upaya pencegahan. Jika Anda sudah terlanjur memiliki penyakit stroke, jantung, diabetes dan penyakit lainnya, lebih baik Anda konsulitasikan dengan dokter supaya penggunaannya sanggup seiring dan sejalan sehingga penyakit yang Anda derita tetap terkontrol dengan baik.


Semoga artikel mengenai manfaat daun binahong untuk jantung ini bisa berguna bagi Anda yang membacanya.

Sumber http://www.kesehatanpedia.com/

Comments

Popular posts from this blog

Inilah : Khasiat Akar Ilalang : Manfaat untuk Kesehatan dan Ginjal

Inilah : Khasiat Daun Handeuleum bagi Kesehatan

Cara menyembuhkan mata minus dalam 1 minggu untuk warga Tasikmalaya