Inilah : Khasiat Daun Mindi untuk Kesehatan dan Obat

Khasiat daun mindi tak banyak orang yang mengetahuinya, jangankan mengetahui manfaatnya, mindi saja belum banyak yang mengenalinya. Mindi yang mempunyai nama latin Melia azedarach yaitu salah satu dari tanaman herbal yang sanggup hidup di banyak sekali dataran, baik dataran rendah maupun dataran tinggi hingga pada ketinggian 1000 m di atas permukaan laut.  Pohon ini mempunyai ciri antara lain mempunyai cabang yang sangat banyak, berdaun beragam dan bersirip ganda serta daunnya tumbuh secara berseling pada 20 hingga 80 cm. Kulit batangnya berwarna coklat tua, dan sanggup tumbuh dengan ketinggian hingga 4 m.

Bentuk dari anak daunnya yaitu lanset, pangkalnya tumpul, pada tepi daun bergerigi dan ujungnya runcing. Pada permukaan atas daun mempunyai warna hijau tua, permukaan bawah daun berwarna hijau muda, dan mempunyai panjang antara 3 – 7 cm serta lebar 1 – 3 cm. Mindi berbunga beragam dengan panjang 10 hingga 20 cm dan tumbuh dari ketiak daun. Bunga mindi berbau harum dan berwarna ungu serta mempunyai mahkota yang terdiri dari 5 kelopak dengan panjang kurang lebih 1 cm. Mindi juga mempunyai buah yang berbentuk lingkaran dengan diameter 1,5 cm, berbiji satu dan bila sudah masak buah mindi berwarna coklat agak kekuningan.

Pohon mindi ternyata mempunyai khasiat bagi kesehatan, dan bab yang berguna sanggup didapat dari daun, kulit akar dan kulit kayunya. Mindi mengandung senyawa kimia, diantaranya yaitu minyak atsiri, alkaloid, dan triterpen.

Khasiat daun mindi tak banyak orang yang mengetahuinya Inilah :  Khasiat Daun Mindi untuk Kesehatan dan Obat
Manfaat Daun Mindi

Manfaat Daun Mindi

Mindi berguna untuk mengobati beberapa macam penyakit. Berikut yaitu beberapa penyakit yang sanggup diobati dengan memanfaatkan daun mindi.


1. Hypertensi / Tekanan darah tinggi

Penyakit ini sanggup diobati dengan daun mindi yaitu dengan cara merebus 7 lembar daun mindi memakai tiga gelas air. Rebus hingga airnya tinggal satu gelas. Lalu saring dan biarkan dingin. Minum rebusan daun mindi ini dua kali sehari, masing-masing setengah gelas. Minum secara teratur, hingga tekanan darah Anda normal kembali.


2. Gatal gatal di seluruh tubuh

Jika Anda mencicipi gatal-gatal pada seluruh badan dan banyak sekali cara telah dilakukan tetapi tak kunjung sembuh, Anda sanggup mencoba cara ini, yaitu rebus daun mindi secukupnya, hingga air rebusan daun mindi berwarna kuning. Lalu tambahkan garam dapur kurang lebih 2 sendok makan, aduk-aduk hingga merata. Lalu tambahkan air hirau taacuh hingga airnya hangat-hangat kuku. Gunakan air mindi ini untuk merendam seluruh badan yang terkena gatal-gatal.  Lakukan cara ini secara teratur hingga tidak ada gatal-gatal lagi pada seluruh tubuh.    


3. Kudis

Daun mindi ternyata sanggup dipakai untuk mengobati penyakit kudis, yaitu dengan cara mengambil segenggam daun mindi, basuh hingga bersih, kemudian tumbuk hingga halus. Setelah itu Anda sanggup membubuhkan tumbukan daun mindi ini ke kulit yang terkena kudis kemudian balut dengan kasa. Lakukan cara ini secara teratur dua atau tiga kali sehari semoga kudisnya cepat hilang.

Itulah beberapa khasiat daun mindi untuk obat dan kesehatan. Semoga menambah wawasan Anda.

Sumber http://www.kesehatanpedia.com/

Comments

Popular posts from this blog

Inilah : Khasiat Akar Ilalang : Manfaat untuk Kesehatan dan Ginjal

Inilah : Khasiat Daun Handeuleum bagi Kesehatan

Cara menyembuhkan mata minus dalam 1 minggu untuk warga Tasikmalaya