Inilah : Manfaat Biji Duku untuk Kesehatan

Manfaat biji duku cukuplah unik, kita tahu bahwa duku merupakan jenis buah-buahan yang berasal dari suku Meliaceae. Tanaman ini mempunyai kemiripan dengan buah langsat, celoring, dan pisitan. Duku berasal dari Asia Tenggara bab barat, biasanya beberapa bab dari tanaman ini sanggup dijadikan sebagai obat. Seperti biji duku yang pahit sanggup dijadikan obat cacing dan juga obat demam dengan cara ditumbuk dan dicampur dengan air. Sebagai obat malaria dan malaria dengan memakai kulit kayunya, sementara tepung dari kulit duku sanggup dijadikan obat alasannya gigitan kalajengking. Kulit dari buah duku yang dikeringkan sanggup dipakai sebagai obat pengusir nyamuk di Filipina dan kulit buahnya juga sanggup dipakai sebagai obat diare.

 Tanaman ini mempunyai kemiripan dengan buah langsat Inilah :  Manfaat Biji Duku untuk Kesehatan
Photo by CalliopejenCC BY-SA 3.0
Dari penelitian yang dilakukan terhadap 100 gram buah duku dengan jumlah yang sanggup dikonsumsi 64 %, didapatkan kandungan energy sebesar 63 kkal, karbohidrat 16,1 gr, protein 1 gr, kalsium 18 mg, lemak 0,2 gr, zat besi 1 mg dan fosfo 9 mg. selain itu di dalam buah duku terdapat kandungan vitamin A 0 IU, vitamin C 9 miligram, dan vitamin B1 sebanyak 0,05 miligram.

Perbanyakan buah duku biasanya dengan biji, secara sengaja dikumpulkan bijinya, lalu disemaikan. Adapula yang mengumpulkan cabutan semai impulsif dari pohon induknya, tetapi cara tersebut memakan waktu yang lama, alasannya harus menunggu pohon induk sampai 20-25 tahun gres pohon ini menghasilkan dan belum sanggup dipastikan kualitasnya sama dengan induknya.

Khasiat Biji Duku

Duku mempunyai nama latin Lansium domesticum Corr, biji dari buahnya secara empiris telah diyakini oleh masyarakat Kalimantan mempunyai khasiat menurunkan demam. Akan tetapi khasiat tersebut perlu dikaji dan dibuktikan kebenarannya dengan pendekatan ilmiah, sehingga kita sanggup mengetahui khasiat yang sebenarnya. Kemudian penelitian ini pun dilakukan dan bertujuan untuk mengetahui potensi yang ditimbulkan oleh biji buah duku sebagai obat penurun panas atau antipiretik.

Antipiretik berkerja sebagai penghambat acara enzim siklooksigenase yang mengkatalisis reaksi pembentukan prostaglandin yaitu senyawa yang sanggup merangsang peningkatan suhu tubuh. Dengan menguji ekstrak etanol biji buah duku terhadap 30 ekor tikus yang telah didemamkan dengan penyuntikan vaksin telah mengambarkan bahwa ektrak tersebut sanggup mencegah suhu badan tikus putih jantan.
Demikian sekilas isu mengenai manfaat biji duku untuk kesehatan.  Semoga bermanfaat !

Sumber http://www.kesehatanpedia.com/

Comments

Popular posts from this blog

Inilah : Khasiat Akar Ilalang : Manfaat untuk Kesehatan dan Ginjal

Inilah : Khasiat Daun Handeuleum bagi Kesehatan

Cara menyembuhkan mata minus dalam 1 minggu untuk warga Tasikmalaya