Inilah : Khasiat Akar Ilalang : Manfaat untuk Kesehatan dan Ginjal

Khasiat akar ilalang memang tidak usah diragukan lagi. Ilalang atau biasa disebut alang-alang, mempunyai nama latin Imperata cylindrical termasuk dalam family Panicoideae yang sering dijumpai di area pertanian dan juga merupakan flora pengganggu atau gulma. Tetapi walaupun di lahan pertanian flora ini menjadi gulma, ternyata banyak juga yang memanfaatkannya.

 yang sering dijumpai di area pertanian dan juga merupakan flora pengganggu atau gulma Inilah :  Khasiat Akar Ilalang : Manfaat untuk Kesehatan dan Ginjal
Manfaat Akar Ilalang
Masyarakat di pedalaman Indonesia bab timur dan di Pulau Dewata memanfaatkan daun ilalang yang telah dikeringkan sebagai materi atap rumah. Selain itu, masyarakat juga sering memakai daun alang-alang sebagai pelindung lahan pertanian yang disebut mulsa. Sedangkan malai dari bunga alang-alang yang berserat halus sanggup dijadikan sebagai pengganti kapuk untuk mengisi bantal atau kasur untuk ganjal tidur yang empuk. Dan yang tak kalah pentingnya, akar ilalang sanggup bermanfaat bagi kesehatan yaitu dipakai sebagai obat tradisional. Bagi masyarakat, pada umumnya memanfaatkan akar ilalang sebagai obat penurun panas dan peluruh kencing (diuretika).

Alang-alang mengandung glukosa, citric acid, malic acid, dan juga terdapat senyawa kimia, diantaranya cylindrin, fermenol, coixol, simiarenol, arundion, dan anemonin.

Khasiat Akar ilalang

Akar ilalang sangat bermanfaat untuk mengobati beberapa jenis penyakit, dan beberapa jenis penyakit salah satu diantaranya adalah:

  • Mengobati kencing nanah
Sebagai obat kencing nanah, Anda sanggup mempersiapkan sekitar 300 gram akar alang-alang yang segar, kemudian silahkan dicuci hingga higienis dan potong kecil-kecil. Lalu rebus cuilan akar tadi dengan 2 liter air dan biarkan hingga airnya tersisa 1 liter. Setelah itu, campurkan gula kerikil secukupnya, aduk hingga rata. Minumlah tiga kali sehari secara teratur selama kurang lebih 10 hari. 

  • Mengatasi Muntah darah
Akar alang alang juga sanggup dipakai sebagai ramuan untuk mengobati muntah darah. Ramuan sanggup dibentuk dengan cara, siapkan kurang lebih 50 gram akar segar, bersihkan akar dari kulit arinya, basuh higienis dan potong kecil-kecil, kemudian rebus dengan 3 gelas air dan biarakan rebusannya hingga airnya tinggal tersisa 1 gelas. Minum secara teratur dua kali dalam sehari, hingga penyakit muntah darah hilang.

  • Penyakit ginjal akut
Untuk mengobatinya, Anda sanggup menciptakan homogen ramuan dengan mempersiapkan materi berupa 100 – 125 gram akar ilalang yang masih segar. Bersihkan akar alang-alang, potong kecil-kecil dan basuh hingga bersih. Rebus cuilan akar alang alang tersebut dengan 3 gelas air dan biarkan hingga airnya tersisa 1 gelas. Saring dan biarkan dingin. Anda sanggup mengkonsumsinya setiap hari dua kali setiap pagi dan sore, hingga penyakit ginjal akut sembuh.

  • Obat mimisan
Sebagai obat mimisan, Anda sanggup menyiapkan segenggam akar alang-alang segar, basuh bersih, kemudian tumbuk peras dan ambil airnya kurang lebih 100 cc dan Anda sanggup eksklusif meminumnya.  

Jangan lupa juga untuk membaca :


Demikianlah beberapa tips yang sanggup kami berikan mengenai khasiat akar ilalang beserta langkah pengobatan alaminya. Semoga membantu !

Sumber http://www.kesehatanpedia.com/

Comments

Popular posts from this blog

Inilah : Khasiat Daun Handeuleum bagi Kesehatan

Cara menyembuhkan mata minus dalam 1 minggu untuk warga Tasikmalaya